Jumat, 09 Juni 2017

CLEAR AND CLARIFY

BY: PUTERI AYU RATNA DEWI Suami saya sakit sejak tanggal 29 mei 2017, sebenarnya sudah sejak lama (beberapa tahun sebelum ikut kuliah IIP) saya sudah berinisiatif selalu mendahului (yang pro aktif) membincang hal-hal apapun seputar hidup rumah tangga kami. prinsip saya waktu itu adalah, segala persoalan yang terjadi harus jelas dan tidak menimbulkan ftnah atau beban apa-apa di belakang. Namun, niatan saya itu selalu gagal (belum maksimal terlaksana) karena beberapa hal, antara lain: suami selalu sepulang kerja tinggal lelahnya, sehingga manakala saya ajak diskusi, tidak sampai tuntas udah ditinggal tidur. Setiap ada masalah (keluhan dari pihak istri), tidak sampai tersampaikan dan terus mengendap di dada. hal lain yaitu, ego suami yang kebetulan seorang guru agama (ustadz) yang merasa tersinggung jikalau merasa "dilunjak istri" (baca; istri yang dianggap kurang bersyukur). hingga akhirnya, materi tantangan IIP 1 ini saya share ke HP suami dan saya "paksa" untuk dibaca. akhirnya goal juga, maksud hati saya (membuat suami sadar) pentingnya menyeleseikan masalah atau mendengar keluh kesah istri hingga jelas dan terkonfirmasi (clear and clarify) hari ini jumat, 10 juni tantangan tersebut baru terdokumentasikan. sebenarnya kami sepakat untuk membuat segalanya jadi clear and clarify itu sejak tanggal 4 juni. hal menarik yang saya dapatkan setelah berhasil mencapai point clear and clarify adalah sebagai berikut: a. suami rasanya tambah sayank dan cinta, nampak dari gesture tubuhnya (biasanya dingin), b. kami (suami istri) jadi sama-sama berbagi tanggungjawab dalam urusan domestik rumah tangga secara kompak (tanpa rasa keluh seperti dulu) c. kebersamaan kami menjadi semakin bermakna, penuh arti dan saling berbagi manfaat (saat ada kendala, berasa ringan karena langsung bisa buang sampah/baca; curhat berbagi rasa) d. tantangan apapun menjadi ringan e. saya semakin mencintai suami dan tidak ragu untuk senantiasa memadu kasih f. makin yakin dengan mimpi bersama akan lekas terwujud Adapun perubahan yang saya buat hari ini dalam berkomunikasi adalah menaklukan suami untuk enak diajak bicara (komunikasi), dengan cara sedikit manja (sesuai dengan questioner yang pernah saya buat untuk suami; saat enak diajak bicara adalah saat saya bersikap manja dengan suami). #level1 #day1 #tantangan10 hari #komunikasiproduktif #kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar: