Selasa, 21 April 2009

Macam dan Contoh Syirik

terdapat beberapa pembagian syirik:
1.Syirik dakwah (doa), yaitu selain berdoa kepada Allah juga berdoa kepada selain Allah. contoh: kita berharap agar Allah memudahkan jalan kita untuk lulus dalam ujian. selain itu, kita memiliki keinginan dalam hati, agar arwah orang-orang terdahulu (leluhur) menyertai dan memudahkan usaha kita. sama halnya ini menyetarakan Allah dengan para leluhur.
2.Syirik niat, keinginan dan tujuan, yaitu ia menujukan suatu bentuk ibadah kepada selain Allah. contoh:Demi mendapat simpati orang-orang di sekitar, kita shalat dilamakan (lebih lama dibanding kalau tidak ada yang lihat). seakan pujian dari orang sekitar merupakan tujuan yang hendak dicapai.
3.syirik ketaatan, yaitu mentaati selain Allah dalam hal maksiat kepada Allah. contoh: Demi orang terdekat, kita rela berkorban tidak menta'ati Allah. seperti meninggalkan shalat karena sibuk membantu mereka, atau mungkin karena sibuk bekerja sampai lupa shalat.
4.Syirik mahabbah, yaitu menyamakan Allah dengan selain Allah dalam hal kecintaan. contoh: kita mencintai harta, anak dan istri melebihi yang lainnya, termasuk rela meninggalkan ibadah kepada Allah demi mereka.
5. syirik khafi, yaitu syirik dalam hal keinginan dan niat, seperti riya’( niat pengen dipuji orang). sering kali syirik ini tidak terasa. namanya saja Khafi yang artinya tersembunyi, sehingga sulit dikenali jenis syirik ini kalau kita tidak teliti. contoh: saya mengatakan, untung ada saya, coba kalau tidak!? saya tidak akan gemuk, meski makan banyak! dan ungkapan2 semacamnya yang pada prinsipnya menyebut diri kita atau orang lain lebih berkuasa (baca seakan-akan lebih tahu) dari pada Allah.

dengan tulisan ini, semoga kita semakin terjaga dari segala jenis syirik yang ada. Amin.

Tidak ada komentar: